Sejarah Candi Barong yang Jadi Bangunan Suci Syiwa

Sejarah candi ini dikuatkan dengan adanya prasasti ratu baka yang diperkirakan ditulis pada 856 M

zoom-inlihat foto Sejarah Candi Barong yang Jadi Bangunan Suci Syiwa
perpusnas.go.id
Bangunan Candi Barong di kawasan Sleman.

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Candi Barong yang terletak di perbukitan Batur Agung, Sleman ini rupanya juga bernama Candi Sari Suragedug. Hal ini dibuktikan dalam Prasasti Ratu Baka (856 M) dalam bahasa Sansekerta dan ditulis menggunakan huruf Jawa kuno.

Selain nama, Sejarah Candi Barong juga diceritakan dalam prasasti tersebut.

Dalam prasasti tersebut diceritakan tentang seorang raja bernama Sri Kumbaja atau Sri Kalasodbhava yang membangun tiga ‘lingga’, yaitu Krttiwasalingga dengan pendamping Dewi Sri, Triyarbakalingga dengan pendamping Dewi Suralaksmi, dan Haralingga dengan pendamping Dewi Mahalaksmi.

Diperkirakan bangunan yang dimaksud adalah Candi Barong. Dalam Prasasti Pereng (863 M), yang juga ditulis dalam bahasa Sansekerta dengan menggunakan huruf Jawa kuno.

Candi Barong

Bentuk Bangunan di Candi Barong Berbentuk Punden Berundak

Disebutkan bahwa pada tahun 784 Saka (860 M) Rakai Walaing Pu Kumbhayoni menganugerahkan sawah dan dua bukit di Tamwahurang untuk keperluan pemeliharaan bangunan suci Syiwa bernama Bhadraloka.

Para ahli berpendapat bahwa Sri Kumbaja atau Sri Kalasodbhava adalah Pu Kumbhayani dan bangunan Syiwa yang dimaksud adalah Candi Barong.

Ikuti kami di
KOMENTAR
409 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved