Daftar Candi Menarik di Kabupaten Sleman, Ada Candi Sewu hingga Candi Morangan

Sleman menyimpan sederet candi menarik selain candi ikonik yakni Prambanan dan Ratu Boko, berikut daftar lengkapnya.

pariwisata.slemankab.go.id
Kawasan Candi Ijo di Sleman DIY. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Candi menjadi salah satu magnet wisata yang ada di DI Yogyakarta. Wisata sejarah dan budaya ini seolah menunjukkan DIY menjadi salah satu pusat peradaban dan sejarah masa lalu.

Kabupaten Sleman menjadi salah satu daerah dengan candi yang cukup banyak di DIY bahkan Indonesia. Berikut daftar candi yang ada di Kabupaten Sleman selain dua Candi besar dan tersohor yakni Candi Prambanan dan Candi Keraton Ratu Boko :

1. Candi Sewu

Candi Sewu adalah candi Buddha yang dibangun pada abad ke-8 yang berjarak hanya delapan ratus meter di sebelah utara Candi Prambanan.

Candi Sewu merupakan kompleks candi Buddha terbesar kedua setelah Candi Borobudur di Jawa Tengah.

Candi Sewu berusia lebih tua daripada Candi Prambanan. Meskipun aslinya terdapat 249 candi, oleh masyarakat setempat candi ini dinamakan Sewu yang berarti seribu dalam bahasa Jawa.

Penamaan ini berdasarkan kisah legenda Loro Jonggrang. Secara administratif, kompleks Candi Sewu terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah.

Candi Borobudur

Keindahan Keraton Ratu Boko saat sunset.
Keindahan Keraton Ratu Boko saat sunset. (Istimewa)

2. Candi Morangan

Jauh dari hingar bingar kesibukan kota dan hanya ada suara aliran sungai serta gemerisik pepohonan, itulah gambaran suasana Candi Morangan. Salah satu candi Hindhu Kuno yang berlokasi di dusun Morangan, Sindumartani, Ngaglik, Sleman DIY.

Candi ini merupakan candi hindhu yang tersebar di Kabupaten Sleman, candi ini merupakan candi yang terletak paling utara di wilayah DIY dan paling dekat dengan Gunung Merapi. Selain itu candi ini sangat dekat dengan aliran Sungai Gendol, kurang lebih sekitar 100 meter sebelah barat.

3. Candi Kalasan

Candi Kalasan terletak di Desa Kalibening, Tirtamartani, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya sekitar 16 km ke arah timur dari kota Yogyakarta.

Dalam Prasasti Kalasan dikatakan bahwa candi ini disebut juga Candi Kalibening, sesuai dengan nama desa tempat candi tersebut berada. Tidak jauh dari Candi Kalasan terdapat sebuah candi yang bernama Candi Sari.

Kedua candi tersebut memiliki kemiripan dalam keindahan bangunan serta kehalusan pahatannya. Ciri khas lain yang hanya ditemui pada kedua candi itu ialah digunakannya vajralepa (bajralepa) untuk melapisi ornamen-ornamen dan relief pada dinding luarnya.

Situs Ratu Boko

4. Candi Sari

Candi Sari terletak sekitar 10 Km dari pusat Yogyakarta, hanya sekitar 3 km dari Candi Kalasan. Tepatnya candi ini berada di Desa Bendan, Kelurahan Tirtamartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Candi Plaosan yang ada di Sleman.
Candi Plaosan yang ada di Sleman. (Istimewa)

Sesuai dengan nama desa tempatnya berada, Candi ini juga disebut Candi Bendan.

Menurut perkiraan candi ini dibangun pada abad ke- 8 M, yaitu pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, bersamaan dengan masa pembangunan Candi Kalasan. Kedua candi tersebut memang memiliki banyak kemiripan, baik dari segi arsitektur maupun reliefnya.

Candi Sari ditemukan kembali pada awal abad ke-20 dalam keadaan rusak berat. Pemugaran pertama dilaksanakan antara tahun 1929 sampai 1930.

Mengenai pemugaran tersebut, Kempers berpendapat bahwa hasilnya kurang memuaskan, dalam arti pemugaran tersebut belum berhasil mengembalikan keutuhan bangunan aslinya.

Ikuti kami di
KOMENTAR
351 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved