Pandemi Corona, Alumni AKS-AKK Bagikan Sembako Bagi Buruh di Pasar

Sasaran baksos adalah tukang gendong, tukang kuli panggul, tukang becak, lansia, tenaga kebersihan dan buruh yang dirumahkan

Ist
Ikatan Keluarga Alumni Akademi Kesejahteraan Sosial AKK (Ika3Yo AKS-AKK) mengelar bakti sosial (baksos) dengan memberikan sembako kepada buruh di beberapa pasar tradisional di Yogyakarta yang terdampak secara ekonomi saat wabah covid-19 belum lama ini. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA - Sebagai upaya mendukung program pemerintah, sekaligus meningkatkan rasa empati, berbagi, dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Ikatan Keluarga Alumni Akademi Kesejahteraan Sosial AKK (Ika3Yo AKS-AKK) mengelar bakti sosial (baksos) guna membantu meringankan beban warga yang terdampak langsung Covid-19.

Direktur AKS-AKK Dra Prihatin Saraswati MA saat membuka agenda baksos, di Kampus AKS-AKK, di Sorosutan, Jogja menuturkan, sasaran baksos adalah warga yang terkena imbas wabah covid-19, yakni tukang gendong, tukang kuli panggul, tukang becak, lansia, tenaga kebersihan, dan buruh yang dirumahkan.

"Untuk mereka yang berpenghasilan harian ini, dibagikan paket sembako, yakni masing-masing beras, minyak goreng, gula, mie instan, teh, dan masker," ujar Saraswati dalam keterangannya, Kamis (23/4/2020).

Jadwal Lengkap KA Prameks Penyesuaian Akibat Wabah Covid-19

Ketua Ika3Yo AKS-AKK Hj Tati Nurhayati Amd menyampaikan, pembagian sembako telah disepakati hanya dilakukan oleh pengurus alumni saja.

Mengantisipasi kemungkinan terjadinya pengumpulan massa, cara pembagian dengan bergerak menjemput bola, berkeliling mencari yang sekiranya dianggap layak untuk diberikan bantuan.

"Untuk di Pasar Beringharjo, pembagian sembako menggunakan sistem kupon. Namun tetap mengindahkan protokol kesehatan Covid-19. Diatur berjarak dan diwajibkan memakai masker bagi semua penerima bantuan," ungkap Tati.

Dijelaskan, wilayah sasaran distribusi sembako yakni di lingkungan Kampus AKS-AKK, Nitikan, Pasar Telo, Kotagede, XT square, Kasihan, Pasar Ngasem, THR, Pasar Tajem, Pasar Prambanan, Taman Siswa, Jalan Magelang, Gejayan, Jalan Kaliurang, dan Pasar Beringharjo.

Corona Belum Reda, TWC Lanjutkan Penutupan Kawasan Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko

"Sumber dana berasal dari internal kas arisan Ika3Yo, dan donasi dari alumni, grup per angkatan, maupun masyarakat. Total dana yang berhasil dihimpun untuk kegiatan kemanusiaan ini sebesar Rp32.700.000," beber Tati.

Tidak hanya uang, lanjut Tati, donasi juga berwujud spanduk, banner, masker, kantong plastik, dan pinjaman 3 mobil untuk operasional kegiatan baksos.

Lurah Pasar Beringharjo Timur Udiyitno sangat mengapresiasi baksos ini karena sangat membantu dan tepat sasaran.

"Imbas Corona ini mengakibatkan terjadinya penurunan penghasilan sampai dengan 60-80 persen bagi pedagang, dan buruh di Pasar Beringharjo," kata Udiyitno.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved