UGM, ITB, UNS Kuliah Online Bersama di Tengah Pandemi Covid-19

Kuliah bersama ini diikuti lebih dari 200 id webex. Memungkinkan mahasiswa dan peserta lebih aktif meski terpisah jarak.

Ist
Tangkapan layar kuliah jarak jauh yang diselenggarakan antara UGM, ITB dan UNS, Kamis (16/4/2020). 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA - Ditengah pandemi COVID-19 perguruan tinggi dihimbau oleh Dirjen DIKTI Kemendikbud untuk menyelenggarakan kuliah jarak jauh. 

Ditengah segala keterbatasannya, pelaksanaan kuliah jarak jauh terus diupayakan agar terpenuhinya capaian pembelajaran mata kuliah atau CPMK dan sivitas akademi tetap sehat.

Menjawab masalah itu, UGM, ITB dan UNS mencoba menyelenggarakan kuliah jarak jauh secara bersama-sama pada Kuliah Tamu Dendrologi Seri 2 pada Kamis, 16 April 2020.

Kuliah jarak jauh diikuti hampir 200 ID Webex dari seluruh Indonesia, baik mahasiswa, dosen, pejabat Pemda, maupun pegawai taman nasional yang berminat terhadap pelestarian hutan pegunungan.

Agrowisata Bhumi Merapi

Narasumber adalah Dr. Ichsan Suwandi, S.Hut., M.P., staff pengajar Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB dengan pemandu Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D., staff pengajar Mata Kuliah Dendrologi, Fakultas Kehutanan UGM.

"Peserta pun rupanya sangat banyak dan aktif bertanya. Selain teman kuliah berbeda kampus, dosen pengajarnya bervariasi pula. Mahasiswa nampak lebih bersemangat berkat suasana baru perkuliahan. Bahkan beberapa pertanyaan belum sempat dijawab mengingat waktu yang terbatas," terang Atus, Kamis (16/4/2020).

Hadirnya kuliah jarak jauh dalam jaringan ini rupanya tak mengurangi keaktifan mahasiswa maupun peserta kuliah online.

Kuliah jarak jauh secara bersama-sama memungkinkan antar perguruan tinggi saling bertukar staf pengajar untuk memberikan pengetahuan sesuai bidang kepakarannya.

Pada masa pandemi COVID-19 saat ini, mahasiswa semakin terbiasa memanfaatkan aplikasi perkuliahan jarak jauh seperti Webex, Zoom, Microsoft Team, dan lain-lain.

Penyajian materi presentasi dengan powerpoint dapat tersaji dengan jelas pada layar laptop atau HP setiap mahasiswa.

"Mahasiswa terlihat lebih berani bertanya. Mengajukan pertanyaan cukup dengan menuliskannya via chat atau memakai suara (voice). Beberapa mahasiswa menyampaikan pertanyaan melalui pesan pribadi kepada staf pengajar," terangnya.

Hadirnya fasilitas kuliah online ini, memungkinkan terjadinya persilangan pengajar.

Beberapa staf pengajar dari perguruan tinggi yang berbeda dapat saling bergantian mengisi perkuliahan sesuai kepakarannya.

"Mereka sekaligus memperkaya wawasannya masing-masing. Dalam hal ini terjadi efesiensi staf pengajar berkat perkuliahan jarak jauh," katanya.

Pada Kuliah Tamu Dendrologi Seri 2 ini, materi flora hutan pegunungan diberikan oleh staf pengajar dari ITB dan UGM. Adapun flora hutan dataran rendah luar Jawa pada minggu depan direncakan akan diberikan oleh staff pengajar dari UNHAS dan UNIPA.

Beberapa staf pengajar yang hadir mengungkapkan kepuasannya akan terobosan ini.

Ridla Arifriana, salah satu staf pengajar Prodi Pengelolaan Hutan Sekolah Vokasi UGM yang mengikuti kuliah jarak jauh dari rumahnya di Bantul mengaku senang dan mendapatkan pengetahuan baru terkait flora hutan pegunungan.

"Sangat menarik dan membuka wawasan. Saya appreciate, banyak sekali mahasiswa yang antusias bertanya," jelas Ridla.

Polda DIY Gandeng Karang Taruna Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak Virus Corona

Senada dengan Ridla, Yus Andhini meminta agar perkuliahan jarak jauh bersama-sama ini dilanjutkan.

"Terima kasih Pak Ichsan dan Pak Atus. Sangat menarik dan membuka wawasan. Mohon informasinya apabila ada pelenyenggaraan kuliah tamu lagi agar kami dari UNS bisa ikut belajar bersama," beber Yus.

Penyelenggaraan kuliah jarak jauh telah sesuai dengan himbauan pemerintah. Kini saatnya para sivitas akademika untuk senantiasa mematuhinya. Para staf pengajar mari terus berinovasi agar di era perkuliahan tanpa tatap muka ini mampu mencapai CPMK yang ditetapkan.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved