Meski Tutup, Monjali Tetap Lakukan Upaya Preventif di Kawasan Monumen

Monumen Jogja Kembali tetap melakukan upaya pembersihan, penyediaan sarana hingga melakukan piket jaga sebagai upaya preventif ditengah tutupnya opera

Wahyu SN/TRIBUNJOGJAWIKI
Replika pertemuan Jenderal Besar Sudirman saat bersama Bung Karno dan Bung Hatta di Istana Kepresidenan Yogyakarta. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Monumen Jogja Kembali (Monjali) tetap melakukan upaya preventif penyebaran virus covid-19 meski menutup operasionalnya sejak 18 Maret 2020 lalu.

Upaya ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona ditengah masyarakat termasuk para staff yang juga masih melakukan kegiatan pekerjaan di kantor/monumen seperti piket jaga dan sebagainya.

Nanang Dwinarto Kabag Operasional Monjali menjelaskan upaya ini dilakukan dengan salah satunya menempatkan area cuci tangan sebanyak-banyaknya.

"Ya ini sementara karyawan ada yang piket membuka pintu-pintu museum dan dua hari sekali hidupkan AC dan membuat tempat cuci (wastafel)," kata Nanang, Rabu (8/4/2020).

Cegah Penyebaran Corona, Monumen Jogja Kembali Tutup Operasional

Monumen Jogja Kembali

"Kalau cleaning (pembersihan) setiap hari masuk sampai jam 12 siang untuk merawat taman dan pembersihan seperti biasa," lanjutnya.

Upaya ditengah penutupan operasional ini, kata Nanang, juga sebagai langkah preventif apabila sewaktu-waktu operasional dibuka, untuk pengunjung sudah disediakan lokasi cuci tangan sebagai upaya menghentikan sebaran covid-19 ini.

"(sekaligus) jadi persiapan kalau sewaktu-waktu buka, tempat untuk cuci tangan pengunjung sudah kita siapkan. Ada di pintu gerbang masuk kemudian juga di pintu masuk lantai satu dan dua ada lima wastafel yang kita siapkan diluar," paparnya.

Hingga saat ini, Nanang mengatakan belum mengetahui sampai kapan penutupan operasional akan dilakukan menyusul perkembangan pandemi covid-19 yang belum juga menurun.

"Kita belum tahu penutupan (operasional) sampai kapan. Harapan kami kondisi lekas membaik, sebelum lebaran bisa kembali beroperasi," tutupnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved