Gunung Merapi Erupsi, Abu Mengarah ke Barat Daya

Gunung Merapi kembali erupsi Jumat (27/3/2020) siang. Sebaran abu disebut mengarah ke barat daya.

Twitter BPPTKG
Gunung Merapi kembali erupsi pada Jumat (27/3/2020). Tinggi kolom abu diperkirakan mencapai 5km dengan sebaran ke arah barat daya. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Gunung Merapi kembali menunjukkan aktivitas vulkaniknya, Jumat (27/3/2020) siang.

Gunung yang membatasi tiga kabupaten ini erupsi pada pukul 10.56 WIB. Bahkan kolom abu dilaporkan setinggi 5 kilometer dari puncak dengan sebaran angin menuju barat daya.

"Erupsi tercatat di seismogram dgn amplitudo 75 mm dan durasi 7 menit. Teramati tinggi kolom erupsi ± 5.000 meter dari puncak. Arah angin saat erupsi ke Barat Daya," tulis laporan twitter BPPTKG Yogyakarta.

Akibat kejadian ini, BPPTKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan dapat beraktivitas seperti biasa serta mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik.

Sementara itu, area tiga kilometer dari puncak wajib dikosongkan dan steril dari aktivitas warga kecuali mitigasi kebencanaan.

Hingga kini, status Gunung Merapi masih waspada sejak ditetapkan pada 21 Mei 2018 lalu.

Akibat erupsi tersebut, sejumlah wilayah di Kabupaten Magelang dilaporkan mengalami hujan abu.

Sejumlah warga di Kecamatan Dukun, Magelang masih beraktivitas biasa meski hujan abu cukup tebal pasca erupsi Merapi pada Jumat (27/3/2020) siang.
Sejumlah warga di Kecamatan Dukun, Magelang masih beraktivitas biasa meski hujan abu cukup tebal pasca erupsi Merapi pada Jumat (27/3/2020) siang. (Istimewa)

Herry Fauzan salah satu warga Kecamatan Dukun melaporkan wilayahnya mengalami hujan abu cukup tebal. Kendati demikian warga masih beraktivitas seperti biasa.

"Tadi sekitar jam setengah 12 abu mulai turun, cukup tebal," katanya dihubungi, Jumat (27/3/2020).

Selain Kecamatan Dukun, abu vulkanik akibat erupsi ini dilaporkan juga mengguyur Kecamatan Muntilan dan beberapa wilayah di Kecamatan Srumbung dan Mertoyudan.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved