Corona

Cegah Corona, Operasional Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Resmi di Tutup Sementara

Penutupan ini setelah PT TWC berkonsultasi dengan pemerintah daerah Jawa Tengah, DIY, Kementerian Pariwisata dan Kementerian BUMN

Borobudurpark.com
Kawasan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Salah satu kawasan wisata super prioritas, Candi Borobudur akhirnya ditutup untuk sementara waktu oleh pengelola yakni PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero).

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PT TWC Edy Setijono dalam keterangannya, Kamis (19/3/2020).

Penutupan operasional ini dalam rangka upaya pencegahan dan meminimalisir penyebaran Covid-19 dan akan dimulai pada 20 hingga 29 Maret 2020.

PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero)

Suasana Candi Borobudur di Jawa Tengah.
Suasana Candi Borobudur di Jawa Tengah. (Tribunjogjawiki.com/Wahyu Setiawan Nugroho)

Tak hanya Candi Borobudur, penutupan operasional ini juga berlaku untuk Candi Prambanan, Ratu Boko dan juga fasilitas lainnya seperti Pementasan Sendratari di area Ramayana Prambanan serta seluruh restaurant yang dikelola TWC.

Edy menjelaskan management akan melakukan evaluasi dan pemantauan setiap hari terkait dengan kebijakan penutupan operasional ini.

Keputusan ini, kata Edy, ditetapkan setelah dilakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jateng dan Pemerintah Provinsi DIY yang merupakan wilayah kerja PT TWC.

Tangkal Corona, Candi Borobudur Disemprot Disinfektan

Keputusan ini diambil juga setelah melakukan konsultasi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai Pemangku kepentingan Kepariwisataan Nasional mengingat Candi Borobudur merupakan Destinasi Super Prioritas, selain itu telah dilakukan konsultasi dengan Kementerian BUMN sebagai acuan regulasi bagi BUMN.

Langkah ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19 di destinasi pariwisata. Hal ini sesuai dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah disusun oleh Satgas Anti Penyebaran Covid-19 PT TWC.

Salah satu patung khas di Candi Borobudur.
Salah satu patung khas di Candi Borobudur. (Borobudurpark.com)

"Kami sudah komunikasikan keputusan ini kepada Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta selanjutnya akan mengikuti kebijakan pemerintah terkait pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung," terangnya, Kamis (19/3/2020).

Cairan Khusus yang Disemprot di Candi Borobudur Aman untuk Batuan

Langkah penutupan sementara operasional kawasan Taman Wisata Candi beserta fasilitasnya ini akan terus diikuti dengan upaya preventif yang dilakukan secara berkala antara lain penyemprotan disinfektan di seluruh kawasan TWC serta menjaga kebersihan lingkungan kerja yang diikuti oleh segenap karyawan.

"Kami akan terus menjaga lingkungan di kawasan agar tetap steril dan bersih dari Covid-19. Semoga situasi ini akan terus membaik, sehingga perekonomian dan dunia pariwisata akan kembali pulih," tutup Edy.

Ikuti kami di
Penulis: Wahyu Setya Nugraha
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved