Daftar Agenda dan Event Menarik di Candi Prambanan

Candi Prambanan selalu menjadi magnet event yang cukup tersohor. Sejumlah event pun dihadirkan untuk memeriahkan candi hindu tersebut.

Istimewa
Pementasan Sendratari Ramayana di kompleks Candi Prambanan. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Saat berkunjung ke Yogyakarta dan mau singgah di Candi Prambanan, tak ada salahnya untuk mencocokkan jadwal liburan dengan agenda tahunan yang ada di Candi Prambanan.

Beberapa event dan agenda menarik biasanya dilangsungkan di Candi yang membatasi Jawa Tengah dan DIY ini.

Berikut daftar agenda rutin tahunan di kawasan Candi Prambanan.

Candi Prambanan
Candi Prambanan (Istimewa)

1. Prambanan Jazz

Sesuai tagline, festival musik jazz sekaliber internasional ini berlokasi di Candi Prambanan. Lokasi biasanya di beberapa lapangan sekitar candi.

Yang ikonik di panggung khusus yang disediakan oleh panitia, penyanyi lokal maupun internasional yang didapuk hadir setiap tahunnya akan manggung ditemani latar panggung Candi Prambanan yang megah ditemani sorot lampu yang menambah gagah candi hindu tersebut.

Event ini biasanya digelar pada pertengahan tahun, antara Juni hingga Oktober dan dilangsungkan selama tiga hari dengan puluhan line-up panggung yang selalu menarik.

Tahun 2020, Prambanan Jazs akan dilangsungkan pada 3-5 Juli 2020. Tiket pun sudah dapat dipesan melalui aplikasi daring.

Daftar Rute Menuju Candi Prambanan

2. Mandiri Marathon

Bagi yang suka event olahraga khususnya lari, mungkin awam dengan salah satu event olahraga yang dilangsungkan di sekitaran Candi Prambanan ini.

Event sport tourism ini menawarkan sensasj lari dengan nuansa pedesaan dan pegunungan yang ada di sekitar Candi Prambanan.

Event rutin tahunan ini biasanya diikuti oleh ribuan peserta dengan kategori lomba yang dibagi menjadi tiga yakni 5K, Half Marathon dan Full Marathon.

Tak hanya atlet nasional, sejumlah atlet marathon internasional juga banyak yang ambil bagian dalam event ini.

Biasanya event ini dilangsungkan pada kuartal pertama antara bulan Februari hingga April setiap tahunnya.

Berikut Deretan Candi di Bawah Naungan PT TWC

3. Sendratari Ramayana dan Roro Jonggrang

Selain dua agenda rutin yang digelar oleh pihak ketiga. Pengelola Candi Prambanan juga membuat agenda rutin yang digelar setiap tahunnya untuk menarik wisatawan.

Pementasan Sendratari Ramayana di kompleks Candi Prambanan.
Pementasan Sendratari Ramayana di kompleks Candi Prambanan. (Istimewa)

Yakni Sendratari Ramayana. Sendratari Ramayana adalah sebuah pertunjukan seni yang menggabungkan tari dan drama tanpa dialog. Ceritanya diangkat dari cerita Ramayana.

Event wisata ini digelar secara berkala di Trimurti Stage dan Panggung Terbuka Candi Prambanan.

Pertunjukan ini biasanya digelar mulai pukul 19.30 WIB hingga 21.30 WIB di Trimurti Stage dan Panggung Terbuka di kompleks wisata Candi Prambanan dengan tanggal yang disesuaikan dengan jadwal kunjungan wisatawan baik lokal maupun internasional.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved