Saat Kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Bilqis Dituangkan dalam Kreasi Fashion Batik

Sogan batik meluncurkan produk terbarunya yang terinspirasi oleh kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Bilqis.

Dok pribadi Sogan Batik
Koleksi terbaru sogan batik yang mengisahkan Nabi Sulaiman, Ratu Bilqis dan Burung Hudhud. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYAKARTA - Salah satu desainer dan produsen batik ternama di Yogyakarta, Sogan Batik mengkreasikan produk terbarunya dengan mengadopsi cerita Nabi Sulaiman dan Ratu Bilqis.

Motif yang dikreasikan designer Iffah M Dewi yang juga pemilik Sogan Batik ini terinspirasi dari kisah yang tertulis dalam kitab suci Al Quran Surah An-Naml.

Kolaborasi antara cerita Nabi dan kekhasan Sogan Batik melebur menjadi satu dalam produk teranyar Sogan Batik tersebut.

Ciri khas dari Sogan Batik adalah menggunakan aksara Jawa, dan kali ini yang digunakan adalah angka jawa yang menggambarkan ayat dalam AlQuran surah An Naml tersebut.

"Sogan menampilkan motif batik tulis, salah satunya angka Jawa 23, menggambarkan An Naml ayat 23, yang bercerita tentang burung Hud Hud yang melihat sebuah negara yang dipimpin oleh ratu Balqis," kata Iffah, Kamis (5/3/2020).

Jims Honey, Brand Lokal Kualitas Internasional

Dijelaskan Iffah, dirinya ingin berkisah lewat coretan desain dan motif tentang Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis dengan karya tersebut.

Nabi Sulaiman, Ratu Balqis dan Burung Hud-hud muncul dalam bentuk, motif dan warna ditiap desainnya.

Pesannya yakni tentang hidayah, tauhid, kecerdasan, kerendah-hatian, kebijaksanaan dan cinta yang terangkum dalam koleksi Queen of Sheba ini.

Koleksi terbaru Sogan Batik.
Koleksi terbaru Sogan Batik. (Dok pri)

Sementara itu, soal kebijaksanaan Nabi Sulaiman digambarkan melalui Adija Dress. Adil dan Bijaksana, adalah sifat dari Nabi Sulaiman A.S, putra Nabi Daud A. S, merupakan keturunan Nabi Ibrahim yang ke-13.

Sifat adil digambarkan dengan bentuk bidang simetris dibagian kanan dan kiri. Kebijaksanaan digambarkan dengan warna hijau.

Nabi Sulaiman sendiri diberikan karunia mampu menundukkan berbagai makhluk dan menguasai bahasa mereka, antara lain manusia, jin dan hewan.

Tentang Kecerdasan Nabi Sulaiman, Iffah berkreasi mennggunakan motif Parang Curigo, motif klasik Yogyakarta yang menggambarkan kecerdasan dan ketenangan Nabi Sulaiman.

Jims Honey Ajak Selebgram di Yogyakarta Unboxing Produk Terbaru

Kemudian ada motif Kawung Kotak yang Menggambarkan bahwa Nabi Sulaiman adalah Nabi yang sangat bijaksana dan tegas.

Motif kawung diilhami oleh sebatang pohon aren yang buahnya disebut kolang kaling, filosofi dari pohon aren dari atas (ujung daun) sampai pada akarnya sangat berguna bagi kehidupan manusia, baik itu batang, daun, nira, dan buah.

Manusia diharapkan untuk menebar manfaat semasa hidupnya.

Bentuk kotak menggambarkan sifat tegas dan berwibawa.

Sogan Batik sendiri konsisten berkarya dibidang busana muslim dan modest dengan menggunakan material batik asli, batik cap dan tulis.

Alasannya bidang ini diharapkan bisa mengangkat perekonomian lokal, dari pembatik, penjahit dan sumber daya manusia lain yang terlibat didalamnya.

Selain menggambarkan tentang Nabi Sulaiman, Iffah juga menceritakan ke dalam motifnya tentang Burung Hudhud dan Ratu Balqis, juga tentang Negeri Shaba, yang dituangkan ke dalam design diantarnya Hud-Hud Dress, Hud-Hud Navy Koko, Negeri Saba Dress, Balqis Dress, Nabi Sulaiman Koko Olive, Istana Kaca Dress, Hidayah Kemeja Lengan Panjang, Navy Sarung dan Tauhid Kemeja lengan panjang.

"Sogan berharap dengan busana, pesan pesan kebaikan, berupa akhlaq, etika bahkan perdamaian bisa tersampaikan dengan lembut Kepada masyarakat Indonesia maupun masyarakat diseluruh dunia," pungkasnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved