4 Lokasi Ini Cocok Dikunjungi dengan Bersepeda, Berwisata sekaligus Berolahraga

Banyak spot menarik bagi wisatawan yang ingin menikmati Yogyakarta dengan menggunakan sepeda

Instagram/@yowesaku
Goweser saat berfoto di kawasan alun-alun utara Kota Yogyakarta dengan latar kawasan Nol Kilometer. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYAKARTA - Kalau memilih wisata yang berbeda dari lainnya, tak ada salahnya untuk menggunakan sepeda saat berwisata ke Yogyakarta.

Kota pelajar satu ini memang memiliki berbagai alternatif pilihan wisata yang bisa membuat wisatawan punya pengalaman baru.

Terlebih jika digabungkan dengan bersepeda tentu akan semakin banyak yang bisa dijangkau dan merasa lebih dekat dengan masyarakat dan lingkungan sekitar.

Lantas ke area mana saja cocoknya saat berwisata dengan sepeda di Yogyakarta?

1. Tugu Jogja

Rute awal bisa dilakukan di daerah Tugu Jogja atau di kawasan Jalan Margo Utomo tepat di selatan Tugu.

Selain lokasi ini pusat hotel di Jogja, lokasi ini cocok karena memiliki jalan satu arah sehingga cukup aman digunakan untuk start awal berwisata sambil bersepeda.

Keunikannya, para pesepeda akan melewati rel kereta api yang membelah Jalan Margo Utomo dengan Jalan Malioboro.

Tugu Pal Putih

2. Malioboro

Selanjutnya, pastikan melewati salah satu kawasan terpadat dan favorit wisatawan yaknk Malioboro. Jalan ini seolah menjadi destinasi favorit wisatawan maupun pesepeda.

Di area ini, wisatawan sepeda bisa melewati beragam bangunan penting seperti Gedung DPRD DIY, Kepatihan (Kantor Gubernur), Kampung Ketandan (Pecinan), Pasar Beringharjo hingga Benteng Vredeburg dan Titik Nol Kilometer.

Goweser saat berfoto dengan latar Kampun Ketandan (Pecinan) di kawasan Malioboro Yogyakarta.
Goweser saat berfoto dengan latar Kampun Ketandan (Pecinan) di kawasan Malioboro Yogyakarta. (Instagram/@nytha_aprillia)

3. Alun-alun Utara dan Keraton

Menuju ke selatan setelah Kantor Pos, wisatawan sepeda akan menjumpai Alun-alun Utara.

Di kawasan ini sekaligus menjadi pelataran dari Kraton Nyayogyakarta Hadiningrat.

Banyak sekali yang bisa dinikmati di kawasan ini, mulai dari Masjid Agung, Kraton, Museum Kereta Kuda, Tamansari, Alun-alun Selatan hingga Plengkung Gading.

Jalan Malioboro

4. Kotagede

Kalau belum puas, mungkin pesepeda wisata ini bisa coba mengayuh lebih jauh tepatnya ke arah timur sejauh enam kilometer.

Nantinya Kotagede akan menjadi tujuan favorit selanjutnya.

Selain berjumpa dengan saksi sejarah, di kawasan ini juga banyak yang bisa dijumpai salah satunya kuliner yang bisa memenuhi isi perut usai lelah bersepeda.

Ada Pasar Legi Kotagede yang menyediakan beragam makanan khas dan tradisional yang tersedia di pasar ini. Contohnya kue Kipo.

Pesepeda pun juga bisa menelusuri lorong-lorong di Kotagede, atau mampir ke Makam Raja-Raja Mataram dan atraksi sejarah lain yang ada.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved