Taman Pintar

Taman Pintar merupakan kawasan wisata edukatif yang menawarkan informasi terkait perkembangan dunia sains dan teknologi terkinj

Taman Pintar
Tribunjogjawiki.com/Wahyu Setiawan Nugroho
Pintu masuk Taman Pintar sisi Selatan 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA - Taman Pintar merupakan salah satu objek wisata edukatif yang ada di kawasan Kota Yogyakarta. Objek ini berada di lokasi strategis pusat pariwisata di Kota Gudeg.

Taman Pintar berada di sebelah kawasan shopping center, dan dekat dengan bangunan historis lainnya seperti Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Societiet Militer dan Gedung Agung maupun Pasar Beringharjo.

Taman Pintar menawarkan wahana yang berbasis pada edukasi terlebih soal sains dan teknologi.

Taman Pintar berada di Jalan Panembahan Senopati No 1-3 Ngupasan Gondomanan Kota Yogyakarta.

Museum Sonobudoyo

Puluhan anak tengah mengantri di pintu masuk Gedung Oval Taman Pintar.
Puluhan anak tengah mengantri di pintu masuk Gedung Oval Taman Pintar. (Tribunjogjawiki.com/Wahyu Setiawan Nugroho)

Sejarah

Berdirinya Taman Pintar tak terlepas dari terjadinya ledakan perkembangan sains sekitar tahun 90-an, terutama Teknologi Informasi, yang pada gilirannya telah menghantarkan peradaban manusia menuju era tanpa batas.

Perkembangan sains ini adalah sesuatu yang patut disyukuri dan tentunya menjanjikan kemudahan-kemudahan bagi perbaikan kualitas hidup manusia.

Menghadapi realitas perkembangan dunia semacam itu, dan wujud kepedulian terhadap pendidikan, maka Pemerintah Kota Yogyakarta menggagas sebuah ide untuk Pembangunan “Taman Pintar”.

Sejumlah anak tengah bermain Pipa bernyanyi di area playground Taman Pintar.
Sejumlah anak tengah bermain Pipa bernyanyi di area playground Taman Pintar. (Tribunjogjawiki.com/Wahyu Setiawan Nugroho)

Disebut “Taman Pintar”, karena di kawasan ini nantinya para siswa, mulai pra sekolah sampai sekolah menengah bisa dengan leluasa memperdalam pemahaman soal materi-materi pelajaran yang telah diterima di sekolah dan sekaligus berekreasi.

Dengan Target Pembangunan Taman Pintar adalah memperkenalkan science kepada siswa mulai dari dini, harapan lebih luas kreatifitas anak didik terus diasah, sehingga bangsa Indonesia tidak hanya menjadi sasaran eksploitasi pasar teknologi belaka, tetapi juga berusaha untuk dapat menciptakan teknologi sendiri.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Wahyu Setya Nugraha
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved