Siaga Bencana, Bantul Siapkan Dana Tak Terduga Sebesar Rp 15 Miliar

Menghadapi musim penghujan dan antisipasi adanya bencana, Pemkab Bantul siapkan Dana tak terduga sebesar Rp 15 Miliar

Ist
BPBD Kabupaten Bantul saat mengevakuasi pohon tumbang akibat angin kencang dan hujan lebat belum lama ini 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, BANTUL - Sebagai kasiagaan atas memasukinya musim penghujan dan adanya potensi bencana, Pemerintah Kabupaten Bantul menyiagakan anggaran dana tak terduga (DTT) sebesar Rp 15 miliar.

Nominal ini diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020.

Dana tak terduga tersebut sengaja disiapkan oleh pemerintah Bantul untuk bantuan bencana alam yang terjadi di Bumi Projotamansari.

"Dana tak terduga tahun 2020, belum dipakai, ada sekitar 15-an miliar sekian," kata Sekretaris Daerah Bantul, Helmi Jamharis, ditemui dikantornya, tempo hari.

Helmi mengatakan, dana tak terduga itu dapat digunakan ketika terjadi musibah bencana alam.

Basarnas Yogyakarta Gandeng BPBD Sleman Siaga Potensi Bencana Hidrometeorologis

Lembaga Ombudsman DIY Sebut Tren Aduan Masyarakat Tahun 2020 Diprediksi Meningkat

Kemudian Bupati Bantul sudah menetapkan status darurat bencana. Hingga awal tahun 2020 ini, menurutnya dana tersebut masih tersimpan.

"Di awal tahun ini, belum digunakan," terangnya.

"Yang jelas, sifatnya darurat dan kerusakan, tentu saja kami akan menggunakan dana tak terduga itu untuk menindaklanjuti. Misalnya, jembatan rusak. Padahal jembatan tersebut merupakan vital penghubung bagi warga masyarakat. Tentu kami berupaya bagaimana caranya agar mobilitas warga tidak terganggu," lanjut Helmi.

Selama musim penghujan, Pemerintah Kabupaten Bantul, dikatakan dia, sudah memerintahkan kepada aparat di setiap wilayah, khususnya aparatur di tingkat kecamatan untuk selalu memantau kondisi wilayahnya masing-masing.

Kemudian melaporkan kepada Bupati Bantul dan ditembuskan ke BPBD dan DPUPKP manakala terjadi kerusakan yang memang harus segera dilakukan rehabilitasi secepatnya.

(TRIBUNNEWSWIKI/Wahyu Setya)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved