Lembaga Ombudsman DIY Sebut Tren Aduan Masyarakat Tahun 2020 Diprediksi Meningkat

Lembaga Ombudsman DIY menilai 2020 akan menerima aduan lebih banyak. Tren peningkatan didasari kepedulian masyarakat menerima pelayanan yang baik

Tribunjogjawiki/wahyusn
Jajaran Ketua dan komisaris Lembaga Ombudsman DIY saat memberi laporan akhir tahunan di Yogyakarta, Senin (6/1/2020). 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, YOGYAKARTA - Ketua Lembaga Ombudsman DIY Suryawan Raharjo mengatakan tahun 2020 instansinya diprediksi akan menerima aduan lebih banyak ketimbang tahun 2019.

Hal ini ia utarakan kepada media saat memberi laporan terkait penanganan kasus lembaga non struktural ini kepada media, Senin (6/1/2020) lalu.

"Tren tahun depan bisa kita pastikan (pengaduan) akan meningkat, pasalnya masyarakat mulai kritis dan peduli," sebutnya kepada media.

Lembaganya sendiri mencatat tahun 2019 lalu menerima aduan sebanyak 459, angka ini meningkat sebanyak 47,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya (2018).

Selama 2019, Lembaga Ombudsman DIY Terima 459 Aduan, Paling Banyak Soal Properti

Suryawan menilai angka ini akan meningkat di tahun 2020 dengan kasus paling dominan yang sama yakni masalah properti.

"Saya kira masalah properti masih akan menjadi sektor yang paling banyak," ujarnya.

Dari aduan yang masuk ke lembaganya di tahun 2019, Suryawan mengatakan masih ada sekira 112 kasus yang belum terselesaikan, namun pihaknya memastikan, kasus tersebut akan cepat rampung karena telah memasuki progres finishing.

"109 di antaranya kasus properti dengan terlapor satu orang, ini tinggal penyelesaian saja sedangkan tiga kasus atau aduan masih kita selesaikan," sahutnya.

(TRIBUNNEWSWIKI/WAHYU SETYA)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved