Kabar Duka, Prof Dr KH Yunahar Ilyas Lc Meninggal Dunia

Tokoh Muhammadiyah Prof. Dr. KH. Yunahar Ilyas, Lc Meninggal Dunia. Beliau dinyatakan meninggal dunia di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta Kamis (2/1/2020).

Dok Muhammadiyah
Ketua umum Muhammadiyah Haedar Nashir saat mengikuti pemakaman Prof Dr Yunahar Ilyas di Masjid Gedhe Kauman menuju Pemakaman Muslim Karangkajen, Jumat (3/1/2020). 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, YOGYAKARTA - Kabar duka datang dari tokoh dan cendekiawan muslim tanah air, Prof. Dr. KH. Yunahar Ilyas, Lc Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dinyatakan meninggal dunia pada Kamis (2/1/2020) dini hari tepatnya pukul 23.47 WIB di RS Sardjito DI Yogyakarta.

Kabar meninggalnya tokoh yang juga merupakan Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini dibenarkan melalui keterangan resmi Muhammadiyah.

"Innalilahi wainna ilaihi rajiun, telah meninggal dunia Prof. Dr. KH. Yunahar Ilyas,Lc Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada tanggal 2 Januari pukul 23.47 di RS. Sarjito Yogyakarta," tulis keterangan resmi Muhammadiyah, Jumat (3/1/2020).

Dikutip dari keterangan resminya, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dr Agus Taufiqurrahman menyebut, sosok Prof Yunahar merupakan ulama besar yang sangat tinggi dedikasi terhadap dakwah islam.

"Bahkan dalam kondisi kurang sehatpun beliau masih aktif berdakwah. Kajian dan karya-karya beliau selalu menginspirasi kami generasi di bawah beliau," kenang Agus Taufiqurrahman, Jum'at (3/1/2020).

Rencananya, jenazah Prof Yunahar akan disalatkan di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta dan dimakamkan di Pemakaman Muslim Karangkajen pukul 13.30 WIB.

Sekadar diketahui, Prof Yunahar merupakan putra Bukittinggi kelahiran 22 September 1956 ini menjadi anggota Muhammadiyah sejak tahun 1986.

Beliau menamatkan pendidikan dasar di Padang, dua gelar S1 diperoleh di Fak. Usluhuddin Universitas Ibnu Riyadh (1983) dan Fak. Tarbuyah IAIN Imam Bonjol tahun 1984.

S2 dan S3 diselesaikan di Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga pada tahun 1996 dan 2004.

Selama di Muhammadiyah dirinya pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus PP Muhammadiyah periode 2000-2005 dan pada periode 2005-2010 menjabat sebagai Ketua PP Muhammadiyah.

Diluar muhammadiyah, tercatat sebagai salah satu unsur ketua di Majelis Ulama Indonesia Pusat.

Sehari-hari, bekerja sebagai Dosen/Guru Besar di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sejak 1987.

(TRIBUNNEWSWIKI/Wahyu Setya)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved