Tugu Pal Putih

Tugu Pal Putih atau saat ini dikenal Tugu Jogja Merupakan sebuah monumen yang terletak diantara perempatan yang berada di Kota Yogyakarta

Wahyu SN
Tugu Pal Putih Yogyakarta 

TRIBUNNEWSWIKI, YOGYAKARTA - Tugu Pal Putih merupakan sebuah monumen yang terletak diantara perempatan yang berada di Kota Yogyakarta.

Lokasinya tepat ditengah persimpangan antara Jalan Marga Utama (Pangeran Mangkubumi), Jalan Jenderal Soedirman, Jalan AM Sangaji serta Jalan Diponegoro. 

Disebut Tugu Pal (tugu) Putih karena memang warna yang melakat pada monumen tersebut adalah warna putih sejak pertama kali dibangun.

Pada masa Belanda, Tugu Pal Putih disebut dengan De Witte Paal atau Tugu Putih sehingga kini menjadi Tugu Pal Putih atau Tugu Jogja

Tugu Pal Putih atau Tugu Jogja berbentuk persegi dengan tiap sisi dihiasi sebuah prasasti dengan ukiran berhuruf jawa.

Diatasnya semakin meruncing dengan bagian puncak tugu berbentuk kerucut spiral yang meruncing. 

Tugu Pal Putih lokasinya di sebelah utara Kraton. Monumen ini menjadi bagian dari sumbu filosofis yang membentang dari Gunung Merapi, Tugu Pal Putih, Keraton Yogyakarta, Panggung Krapyak dan Laut Selatan. 

Saat ini Tugu Pal Putih masih berdiri dengan kokoh dan terawat dengan baik.

Banyak aktivitas pariwisata yang terdapat disekitar Tugu Pal Putih ini hingga tersohor sebagai salah satu ikon pariwisata Kota Yogyakarta. 

Tugu Pal Putih Yogyakarta
Tugu Pal Putih Yogyakarta (Wahyu SN)

Sejarah 

Menurut Buku Profil 'Yogyakarta City of Philosophy' yang diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan DIY, Tugu ini dibangun pada masa Sri Sultan Hamengku Buwana I pada 1755.  

Pada saat awal berdirinya, tugu ini terkenal dengan sebutan Tugu Golong-Gilig, karena bentuk bangunan puncaknya berbentuk golong (bulat) sedangkan tiangnya berbentuk gilig (silinder). 

Golong-gilig kala itu juga melambangkan bersatunya rakyat-raja dan manusia-Sang Pencipta. Tinggi tugu ini pada mulanya mencapai 25 meter.  

Fungsi tugu ini pada masa lalu adalah untuk tetenger (penanda) kota dan barometer arah ketika Sri Sultan Hamengku Buwana I melakukan meditasi di Bangsal Manguntur Tangkil. 

Tugu golong-gilig ini runtuh ketika terjadi gempa bumi pada 10 Juni 1867. Akhirnya pada tahun 1889 Tugu dibangun kembali dengan bentuk dan tinggi yang berbeda.

Ketinggiannya pun menjadi lebih rendah, hanya 15 meter.  

Bentuk tugu yang dibangun kembali benar-benar berubah dari bentuk aslinya. Tugu dibuat dengan bentuk persegi dengan tiap sisi dihiasi prasasti yang menunjukkan personalia yang terlibat dalam renovasi itu.

Bagian puncak tugu tidak berbentuk bulat, melainkan berbentuk kerucut spiral yang meruncing.  

Makna Filosofi 

Makna filosofis Tugu Pal Putih adalah langkah pertama menuju ke alam keabadian. Secara simbolik Tugu Pal Putih merupakan bagian penting dari konsep Sangkan Paraning Dumadi, tiga susunan sumbu filosofis (Panggung Krapyak-Kraton-Tugu).  

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved